Monday, April 17, 2006

Jumat Agung/Good Friday

Jumat Agung adalah salah satu hari perayaan umat Kristen. Hari tersebut dirayakan untuk memperingati hari Kematian Yesus. Untuk hari perayaan ini gue biasanya malas untuk dateng ke gereja, karena salah satu kegiatan di gereja untuk perayaan ini adalah Perjamuan Kudus, dimana di Indonesia yang bisa berpartisipasi dalam Perjamuan Kudus ini adalah orang sudah disidi/dikukuhkan. Sampai saat ini gue belum melakukan pengukuhan tersebut, sehingga gue tidak dapat berpartisipasi dalam acara ini. Kalo bisa nggak dateng, gue nggak bakal dateng. Cuman kalo keluarga dateng semua, yah gue juga ikut kali yah. Apalagi saat ini adek gue udah disidi semua (biasanya sidi dilakukan di umur 17 tahun), sehingga gue satu-satunya yang belum sidi, biasanya gue manyun dan meneruskan tidur gue.

Nah di luar negeri tempat gue sekolah, syarat itu udah nggak ada lagi. Di Gereja Baptis Korea di Suwon, syaratnya udah di baptis dan/atau percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Sehingga gue perjamuan kudus di Korea. Di Gereja Presbitarian USA, persyaratannya tidak terlalu berbeda, sehingga gue juga ikut. Pokoknya syaratnya nggak banyak deh kayak Indonesia, semoga nanti pas pulang, syarat sidi udah nggak ada, huehehhehe.

Jumat Agung ini, ternyata nggak libur di Amerika, negara nggak beragama emang mereka. Tapi untuk Jumat Agung ini gue meliburkan diri dari kerjaan, jadi yang gue lakukan adalah mengambil SIM (seperti yang sudah diceritakan sebelumnya). Seetelah itu nganterin temen ngambil sesuatu. Semua ini dari pagi sampe siang. Hmm, karena hari ini biasanya pada puasa, jadi ada yang puasa dengan hanya makan sekali, karena gue berencana makan siang, maka gue tanyain mau makan siang bareng, atau makan malam? Lalu dijawab (kira-kira), "yah pokoknya gue makan kalo gue laper, kapanpun gue laper gue makan!" Heh! nggak ada jawaban lain apa? Akhir yang tersisa makan siang di tempat makan Cina deket rumah, saya lupa namanya, apa yah nanti liat deh.

Sebelum berangkat ke gereja saya melihat kembali jadwal ibadah di internet, agar tidak salah lagi, karena saya suka salah jadwal. Berhubung gereja saya kecil jadi saya tidak bisa salah jadwal, karena kebaktiannya cuman sekali. Ternyata setelah saya perhatikan, kebaktian hari Jumat Agung disatukan dengan beberapa gereja Presbitarian lainnya. Lansung saya panik dan mencari dimana gerejanya, untung belum jalan, walaupun ternyata gerejanya tidak dekat untuk dijangkau dengan jalan kaki, seperti yang biasa saya lakukan setiap ke gereja biasa saya. Lalu saya diantar Ardi ke gereja.

Yang saya masih kaget adalah buah tangan yang diberikan pada Jumat Agung di gereja. Setelah seminggu sebelumnya saya mendapatkan daun palem dari gereja yang saya taruh di dashboard mobil. Pada saat ini saya mendapatkan paku, paku saudara-saudara, sepanjang sekitar 10 cm, dari besi yang berwarna hitam mengkilat, dan paku tersebut ditisikan ke kertas merah tebal. Sehingga ketika saya pertama kali melihat, oh dapet lilin (walaupun bingung kok dapet lilin di Jumat Agung). Setelah saya pegang dan saya masukan kantung, aduh, kok agak keras dan ada tajam2nya, sekali lagi, ternyata paku saudara2. Selama saya gereja belum pernah dikasih paku tembok nih, tahun depan dikasih kayu buat salib kali yah. Ibadahnya berlangsung syahdu, karena harus tenang, bahkan keluar gerejanya disuruh diem, untuk pake sendal jadi nggak usah mindik2.

Setelah itu gue jalan-jalan di downtown champaign, Cuacanya lagi enak. Orang duduk di luar kafe dan restoran, mereka ngobrol, ketawa2, minum2 sambil ngerokok. Wah mau banget deh gue. Pokoknya mereka menikmati banget deh. Abis itu gue nunggu Ardi dan Lia untuk jemput terus kita mau jalan-jalan, maunya nongkrong, tapi anak muda jaman sekarang banyak pertimbangannya luar biasa, mestinya bukan yang tua yah yang banyak pertimbangannya, hueheheh. Fiuh untung gue sekolah di Indonesia jadi mikirnya nggak sekeras jebolan Amerika mikirnya. Yah gue juga males mikir sih, tapi mungkin juga karena mereka pinter sekali, kalo orang pinter pasti mikirnya pasti banyak. Akhirnya kita jalan-jalan liat2 toko2 vintage, kueereeeennnn banget bow, barengnya aneh2 dan lucu2, dan murah2 lagi pookoknya seru deh (ampir beli kacamata hitem ama hem). Abis itu kita ke toko buku yang jual buku2 bekas, keren banget tempatnya, kayak rumah, terus ada loteng, terus ada loteng lagi isinya buku-buku semua, tiap ruang di loteng ada jenis bukunya masing2. Abis itu mikir2 lagi, cuaca udah mulai gelap dan banyak angin, dan masih sulit memutuskan makan dimana. Kayaknya banyak masalah nih temen2 gue, huehehehehhe. Setelah rapat majelis, pokoknya serius deh, kita memutuskan untuk makan makanan Meksiko. Yah okehlah makanannya.

Abis itu balik ke rumah, karena berencana nonton Thank You for Smoking, maka kita harus nungguin orang sampe beberapa saat sebelum film dimulai, baru boleh dijemput, mau nyelesein kerjanya mestinya, bener2 canggih temen gue dah, value for money/time banget dah. Abis itu kita nonton dah filmnya. Btw, Thank You for Smoking itu seru dan lucu banget deh: recommended. Abis itu salah satu temen kita laper(ckckckckc), wah berasa kayak jaan di Jakarta deh, makan sambil nongkrong malem2. Gue aja mesen milkshake gede lagi, mana gue abisin lagi milkshakenya, hueheheh. Akhirnya Gue, Ange, Ardi dan Lia pulang ke tempat masing2.

Hehehehe, gue telah mendapatkan buat diri gue liburan Jumat Agung di Amerika, sibuk banget hidup gue hari itu dangan jalan2, dimana ke gereja tetep dilakukan, mana bisa dapet SIM lagi, huehehehhehe.

Gue mau mengutip sesuatu untuk hari Jumat Agung ini, yang menurut gue okeh banget. Dari status YM temen gue Patris, yang kira-kira begini bunyinya.
"Hari ini Yesus mati, tapi jangan dilayat, dua hari lagi Dia juga bangkit kok"


Terima kasih Tuhan.
Amin.

1 comment:

nona cyan said...

huahhahaahahh!
gue ngakak sendiri pas baca,"negara nggak beragama emang mereka".